Rabu, 05 Juli 2017

Cincin Nikah Titanium, Inilah Ciri-Cirinya Yang Asli


Kenalilah ciri-ciri cincin nikah titanium untuk dikenakan di momen pernikahan. Pernikahan adalah sebuah momen yang sangat istimewa. Bukan hanya istimewa bagi pasangan yang melangsungkannya, pernikahan juga merupakan momen yang istimewa bagi keluarga kedua pasangan.
Untuk itulah, tidak heran jika pernikahan ini dibuat semeriah mungkin. Persiapannya pun tidak tanggung-tanggung. Banyak orang yang untuk persiapan acara pernikahan saja, mereka membutuhkan waktu bisa sampai 1 bulan. Ini menunjukan bahwa pernikahan adalah sebuah momen yang sangat istimewa. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum pernikahan, mulai dari pakaian, makanan, minuman, berbagai aksesoris, perhiasan, sampai pada cincin perkawinan. Semua itu harus sudah siap saat waktu pernikahan itu tiba.

Bicara soal cincin nikah, saat ini ada banyak jenis cincin nikah yang dijual di pasaran, mulai dari modelnya sampai bahan yang digunakan untuk membuatnya pun sudah sangat beragam. Jika dulu kebanyakan orang lebih memilih cincin yang terbuat dari bahan emas kuning, maka saat ini tidak harus berbahan emas kuning. Ada berbagai macam jenis bahan yang digunakan untuk membuat cincin, sepertiemas kuning, emas putih, perak, palladium, dan juga titanium. Dari sekian banyaknya bahan pembuat cincin, titanium termasuk logam baru yang digunakan untuk membuatcincin.Jenis logam ini pertama ditemukan oleh William Gregor dari Kerajaan Britania Raya pada tahun 1791. Jadi termasuk baru dibandingkan dengan emas dan perak. Meskipun begitu, logam yang satu ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan emas dan perak.



Karakteristik titanium


Agar anda lebih jelas memahami apa itu titanium, maka anda perlu tahu apa saja karakteristik dari logam yang satu ini. dibawah ini adalah berbagai karakteristik titanium, yaitu:

1. Kuat

Salah satu karakter dari logam titanium adalah memiliki kekuatan yang sangat bagus, bahkan ada yang menyamakan bahwa kekuatan titanium ini sama dengan kekuatan yang dimiliki oleh baja. Tapi kelebihannya adalah meskipun kuat seperti baja tapi beratnya hanya 60% dari berat baja. Begitu ringan tapi kuat. Itulah sebabnya cincin yang terbuat dari bahan yang satu ini akan kuat dan tahan dengan berbagai benturan. Sehingga cincin berbahan titanium memang pas untuk anda yang bekerja di lapangan yang cenderung berat.

2. Tahan panas

Karakteristik yang selanjutnya yang dimiliki oleh cincin berbahan titanium adalah logam ini memiliki daya tahan yang tinggi terhadap panas, bahkan katanya titanium bisa bertahan dalam suhu 150 derajat Celsius. Jadi jika suatu saat cincin anda jatuh di dalam wadah yang berisi air mendidih, maka anda tidak perlu hawatir. Cincin anda akan tetap bertahan dan tidak akan rusak karena air panas tersebut.

3. Anti karat

Titanium termasuk logam yang tahan terhadap korosi. Hal ini membuat titanium termasuk logam yang anti karat. Jadi anda tidak perlu hawatir. Meskipun anda menyimpannya dalam waktu yang lama tapi cincin anda tersebut tidak akan berkarat karena sifat titanium yang anti karat tersebut.

4. Mengkilap

Karakteristik bahan titanium yang selanjutnya adalah mengkilap. Mengkilap adalah sebuah syarat indah atau tidaknya sebuah perhiasan. Dan titanium adalah logam yang mampu menjawab kebutuhan itu. Cincin nikah titanium akan mengeluarkan cahaya saat terkena sinar. Untuk itulah cincin yang satu ini termasuk cincin yang indah.

5. Tidak menimbulkan alergi

Yang selanjutnya karakteristik yang dimiliki oleh logam titanium adalah tidak menimbulkan alergi. Ini adalah kabar yang menggembirakan bagi anda yang memiliki kulit sensitif dan alergi terhadap perhiasan berbahan logam tertentu. Mungkin anda adalah orang yang ketika memakai sebuah peerhiasan berbahan emas ataupun perak akan menyebabkan gatal-gatal pada kulit dimana perhiasan itu berada. Atau juga anda adalah orang yang ketika memakai perhiasan akan menyebabkan timbulnya bintik-bintik pada kulit. Tapi anda tidak perlu hawatir. Anda dapat menggantinya dengan perhiasan yang berbahan dasar titanium. Dengan menggunakan cincin berbahan titanium, maka alergi kulit yang disebabkan oleh pemakaian perhiasan pun bisa segera diatasi. Anda pun akan nyaman saat memakai perhiasan tersebut.

Dari karakter itulah membuat logam titanium sangat pas jika dipakai sebagai bahan untuk membuat cincin ataupun perhiasan lainnya. Selain indah, logam ini juga memiliki kekuatan yang tinggi, baik terhadap benturan maupun terhadap panas.


Ciri-ciri cincin nikah titanium asli


Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa cincin berbahan titanium termasuk cincin yang kuat dan tahan lama. Untuk itulah beberapa pihak mencoba untuk memalsukannya. Sehingga anda perlu berhati-hati dibawah ini adalah berbagai ciri cincin titanium yang asli, yaitu:

1. Membenturkannya ke lantai


Cara pertama untuk mengetahui keaslian sebuah cincin titanium adalah dengan membenturkanya ke lantai. Ini adalah cara yang paling mudah untuk mengetahui keaslian sebuah cincin titanium. Coba benturkan secara pelan-pelan cincin titanium anda. jika terdengar suara seperti suaranya sebuah besi yang dibenturkan, maka kemungkinan besar cincin titanium yang anda miliki tersebut adalah cincin yang asli terbuat dari titanium. Yang harus anda ingat jika menggunakan cara ini adalah harus mendengarkan suara benturan tersebut dengan cermat karena jika dilihat dari suara benturannya antara yang asli dengan yang palsu perbedaannya cukup tipis sehingga memang dibutuhkan kecermatan.

2. Surat

Cara yang selanjutnya untuk mengeetahui keaslian sebuah cincin titanium adalah dengan meneliti surat tanda belinya. Seperti kita tahu bahwa setiap perhiasan, baik itu emas, perak, termasuk juga titanium akan dilengkapi dengan sebuah surat. Selain sebagai tanda bukti, surat ini juga berfungsi sebagai tanda bahwa perhiasan tersebut memang asli bukan sebuah perhiasan yang palsu. Dengan begitu akan mempermudah saat akan menjualnya kembali.

3. Mengeceknya di toko perhiasan

Ini adalah cara yang paling baik dan paling akurat untuk mengetahui sebuah cincin titanium asli atau tidak. Para ahli perhiasan yang ada di toko tersebutakan mengecek keaslian dari seluruh perhiasan yang ada,seperti emas, perak, titanium, palladium, dan lain sebagainya. denganmenggunakanberbagai alat yang canggih maka mereka bisa mengetahui secara jelas apakah perhiasan tersebut asli atau tidak. anda pun akan menerima hasilnya sesuai dengan hasil uji atau hasil tesnya. Biasanya anda akan diberi sebuah kertas yang menunjukan tentang hasil tes yang telah dilakukan oleh para ahli perhiasan yang ada di toko tersebut.

Di atas adalah berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengetahui keaslian sebuah cincin titanium. Memang saat ini ada cukup banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memalsukan cincin titanium. Mereka mengambil keuntungan sendiri ditengah ketidaktahuan orang-orang tentang perhiasan. Tapi anda pun jangan mau kalah. Anda dapat menggunakan cara di atas untuk mengetahui keaslian cincin titanium yang anda beli. Lakukan langkah-langkah tersebut dengan baik dan benar. Dengan begitu anda pun akan mendapatkan hasil yang sebenarnya, apakah cincin anda memang asli atau tidak.

Demikianlah pembahasan tentang ciri-ciri cincin nikah titanium yang asli. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar